Poster Water Kingdom SD 2 SAI Cibinong

WATER KINGDOM ALA SAI CIBINONG

Wah apa lagi ni Water Kingdom? Setelah beberapa minggu yang lalu ada sekaten ala-ala alias market day night. Ya, ini adalah selebrasi Project Base Learning (PJBL) SD 2 “Detik” tema 3 semester pertama tahun 2018. Kali ini selebrasinya tidak bersamaan dengan kelas lain agar pengunjung lebih fokus menikmati sekaligus ikut belajar pada tiap tema di kelas tersebut. Sasaran pengunjungnya adalah murid, guru, dan orangtua murid SAI Cibinong walaupun tidak menutup kemungkinan pengunjung dari luar.
Tema pembelajaran kali ini adalah oasis atau air sehingga terlahirlah Water Kingdom ini. Konsep dari Water Kingdom ini adalah pengunjung memasuki labirin yang didalamnya ada beberapa pos yang menjelaskan tentang sifat air melalui percobaan yang dilakukan anak-anak SD 2 Sekolah Alam Indonesia Cibinong.

 

Labirin dibuat menggunakan karton dan kain jarik yang diikat pada bambu-bambu sebagai tiang pancang yang pada pintu masuknya dibuat gapura sederhana. Ya, sederhana tapi mengena adalah salah satu kebiasaan kami, malah sering dicampur dengan keharubiruan. Di pintu masuk, orangtua siswa membantu menjaga tiket yaitu menerima uang Rp 5.000 dari tiap pengunjung dan memakaikan gelang kertas Water Kingdom, gak kalah keren deh dengan wahana hiburan profesional.

tim Water Kingdom SD 2 Detik SAI Cibinong
Tim Water Kingdom (Murid dan Guru SD 2 “Detik”)

Pada pos 1 dijelaskan mengenai siklus air. Di pos ini dipajang karya Working With Parents (WWP) dari 11 anak, “Bagus-bagus deh diorama 3 dimensi siklus airnya, bisa buat bikin museum ni” kata Pak David sang guru kelas 2 yang sabar dan kreatif. Penjaga di Pos 1 ini adalah Aska dan Razan. Mereka menjelaskan kepada pengunjung mengenai siklus air menggunakan diorama tersebut. “ Oh siklus adalah kejadian yang berulang-ulang ya” kata anak-anak TK yang mendapat penjelasan.

pos1 Water Kingdom SAI Cibinong
Pos 1. Siklus Air

Lho ada apa ya di pos 2 yang agak becek itu? Ternyata Fabian dan Keyhara sedang menjelaskan tentang sifat air yang menekan ke segala arah dan air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Mereka menggunakan botol yang telah dilubangi di beberapa titik dan diisi air, ketika lubang bergantian dibuka maka memancarlah air itu. “Oh ternyata beda ya pancaran air yang keluar dari lubang yang di atas dan di bawah”, kata salah satu pengunjung. Tuh, dapat ilmu lagi kan….

 pos2 Water Kingdom SAI Cibinong
Pos 2. Air Menekan ke Segala Arah, Air Mengalir dari Tempat yang Tinggi
ke Tempat yang Rendah

Di Pos 3, Yodha dan dan Alif sedang asik meremas spons dan mengalirkan air berwarna merah ke tissue yang dilipat memanjang. Ternyata mereka sedang menjelaskan kepada adik-adik TK mengenai sifat air yang dapat meresap melalui celah celah kecil dan memiliki sifat kapilaritas.

pos3 Water Kingdom sai cibinong
Pos 3. Air Meresap Melalui Celah-celah kecil, Air Memiliki Sifat Kapilaritas

Bu Rima sang Kepala Sekolah SD ikut bertanya sebagai pengunjung di pos 4, bagaimana membuktikan bahwa air mempunyai berat, air tenang selalu datar, dan air menempati ruang. Pertanyaan itupun dengan serunya dijawab oleh Hika, Fakhrie, dan Tata. Percobaan mempunyai berat dilakukan dengan menuangkan air di timbangan, tertera di jarum angka 200 gram, sedangkan sebelumya di angka 0. “Kalau air dimasukkan di botol bentuknya seperti apa? Kalau di gelas bentuknya seperti apa? Pancing bu Rima. “Ya seperti gelas dan botol bu Rima, karena sesuai dengan tempatnya” jawab anak-anak.

pos 4 Water Kingdom sai cibinong
Pos 4. Permukaan Air yang Tenang Selalu Datar, Air Menempati Ruang, Air Memiliki Berat

Pos terakhir kok seperti acara masak memasak ya, ada kompor, panci dan termos segala. Ternyata di Pos 5 ini Hatta dan Fatimah sedang menjelaskan tentang sifat air yang dapat berubah wujud dan air dapat melarutkan zat. “Air yang dimasak di panci menggunakan kompor akan berubah wujud dari cair menjadi uap yang disebut menguap” kata Hatta, sedangkan Fatimah menuangkan air termos ke gelas yang diisi gula dan teh kemudian diaduk, “Ni jadi larut kan gula dan tehnya”, kata Fatimah sambil meminum teh buatannya, sedapnya….
Di ujung labirin sudah tersedia agar-agar dan es mambo untuk dibagikan ke pengunjung yang merupakan hasil buatan anak-anak dan orangtua siswa di rumah, merupakan pelajaran praktek sifat air juga. Pada kesempatan ini Bu Rima (Kepala Sekolah SD) dan Bu Dian (Kepala Sekolah KB-TK) memberikan kesan-kesannya bahwa Water Kingdom ini sangat menarik, kreatif, anak-anak SD2 sudah paham tentang sifat-sifat air, mereka juga sudah bisa menjelaskan sains tentang air secara sederhana kepada adik-adik kelas.

pos 5 Water Kingdom sai cibinong
Pos 5. Air dapat berubah wujud (membeku, mencair, menguap, mengembun),air dapat melarutkan zat

Last but not least, sains yang rumit dapat dengan mudah dipelajari anak-anak dengan percobaan-percobaan sederhana. Insya Alloh akan lebih lama melekat di pikiran mereka dibandingkan dengan teori saja. Good job kiddos dan Pak David, kami para orangtua siswa akan selalu mendukungmu sampai batas tak mampu…..

Penulis: Mama Tata