otfa sai cibinong

Sekelumit Tentang OTFA SAI Cibinong

Matahari baru hendak ke singgasananya, namun sekolah kami Sekolah Alam Indonesia Cibinong telah tampak ramai dan sibuk. Keceriaan, tawa riang, hiruk pikuk, hingga isak tangis perpisahan tertangkap indera pendengaran setiap insan yang berada di sana. Ya pagi itu kami akan melakukan OTFA (out Trekking Fun Adventure). Sebuah kegiatan tahunan yang selalu dinanti oleh siswa, guru, dan orang tua.


OTFA (out Trekking Fun Adventure) merupakan suatu paket kegiatan petualangan di alam bebas dengan segala tantangan yang penuh kreatifitas mengenai potensi dan fenomena alam. Di samping itu juga sebagai sarana menggali ilmu dan menempa pribadi dengan baik tidak melupakan dunia alam yang penuh dengan kegembiraan serta mendekatkan diri kepada Allah S.W.T. Selain itu, OTFA juga merupakan bentuk evaluasi utuh yang melibatkan seluruh kekuatan fisik dan mental, baik siswa maupun guru serta merupakan evaluasi seluruh kegiatan pencapaian target leadership dan target akhlak selama satu tahun ajaran yang dirangkai secara cermat dan simultan.

otfa sai cibinong 2019
kedatangan peserta OTFA di Sukamantri


Tahun ini OTFA mengambil tema “Harmonisasi Alam” sebagai bentuk pernyataan rasa, gagasan, dan aksi nyata kepedulian terhadap bumi yang diaplikasikan dalam gerakan 3 R; Reuse, Recycle, Reduce. Adapun bentuk konkritnya adalaha dengan mengganti kantong plastik dengan goody bag, mengganti kertas nasi dengan daun pisang agar mudah terurai, mensubtitusi sterofom dengan kotak makan, mengolah sampah menjadi produk yang bermanfaat melalui kegiatan DIY (Did Your Self). Selain itu anak-anak bersama guru pendampingnya juga menciptakan lagu bertema menjaga bumi dan lingkungan.

Kegiatan OTFA diikuti oleh seluruh siswa kelas 1 sampai dengan kelas 5. Kegiatan OTFA terdiri dari jungle cooking (khusus kelas 3-5), trekking siang, sholat fardu, shalat sunah berjamaah, trekking malam, games low impact, out bond, DIY, dan haflah atau pentas seni. Kegiatan yang dibuka dan ditutup oleh apel OTFA ini berlangsung selama 3 hari 2 malam (9-11 April 2019) di Bumi Perkemahan Sukamantri Taman Nasional Gunung Halimun Bogor.

Rima Aulia

Kepala Sekolah SD – Sekolah Alam Indonesia Cibinong