Sekolah alamindonesia cibinong market night

Petualangan Mencipta Pasar

Dunia anak adalah dunia petualangan. Petualangan dalam hal apa saja. Mulai dari yang sederhana sampai ke hal yang serius. Rasa ingin tahu, mencoba hal baru, bermain, dan ceria  adalah sifat alami anak-anak. Belajar dengan mengakomodasi sifat alami anak merupakan cara belajar yang sangat menyenangkan bagi anak, dan hal tersebut ada di Sekolah Alam Indonesia (SAI) Cibinong.

Dunia anak juga sering menduplikasi dunia orang dewasa. Dalam kehidupan sehari-hari anak tidak terlepas dari kegiatan orang dewasa pula sehingga dalam kegiatan belajarpun banyak hal dilakukan untuk mengenalkan kegiatan orang dewasa kepada anak, seperti jual beli. Pelajaran jual beli difasilitasi oleh SAI Cibinong sejak di kelas Kelompok Bermain (KB) sampai tingkat Sekolah Dasar (SD) dengan mengadakan market day.  Market day biasanya dilaksanakan pada hari Sabtu dengan dikombinasi dengan kegiatan lain seperti WWP Expo atau pentas tiap kelas. Pada market day tersebut tiap kelas menjual produk atau jasa sesuai dengan tema pembelajaran saat itu yang dibuat dari kerjasama anak, guru, dan orangtua siswa (OTS). Hasilnya akan dibagikan pada akhir tahun untuk pembelian buku atau hal lainnya.

sekolah alam indonesia cibinong pentas seni
Pementasan oleh Murid Sekolah Alam Indonesia Cibinong

Pada semester ini, market day SAI Cibinong dilaksanakan pada malam minggu tanggal 6 Oktober 2018 sekaligus sebagai selebrasi project base learning (PJBL) tema kedua. Lain dari sebelumnya, kali ini diadakan pada waktu malam hari, wuihhh serunya……..mengusung konsep “Pasar Malam” yang dinamakan Market Day Night. Beneran seperti pasar malam lho karena ada komidi putar juga! Sehingga menarik orang dari luar komunitas SAI untuk datang. Komidi putar dengan tempat duduk motor dan mobil ditampilkan oleh SD 2 karena temanya transportasi. Mereka menyewa tukang odong-odong keliling dengan perjanjian bagi hasil.  Selain menyewakan komidi putar dan menyewakan sepeda, SD 2 membuka stand dengan konsep rest area yang menjual minuman panas dan souvenir hasil karya anak seperti gantungan kunci bentuk alat transportasi (kapal, mobil, pesawat) yang dijahit anak-anak dan stiker doa naik kendaraan yang ditulis dan digambar anak. Pada saat pentas, mereka menampilkan drama yang berisi penjelasan apa saja yang dilarang saat mengisi bensin di SPBU. Keren bukan? Pelajaran dapet, uang juga dapet wkwkwk…..Kerennya lagi, penjaga stand adalah anak-anak walaupun dibantu juga oleh ots dan guru untuk kelas kecil. Mereka juga bergantian keliling untuk menjajakan dagangannya. Menjemput bola eh pembeli ceritanya….

sekolah alam indonesia cibinong komedi putar
Stand SD 2 dengan penyewaan komidi putarnya

Pada Market Day Night tersebut ditampilkan stand-stand sebagai berikut:

  • KB: Kafe Tutty Fruity (tema buah)
  • TK A: Water World (tema air)
  • TK B: Safari Night (tema hewan liar)
  • SD 1: Healthy Food Shop (tema makanan)
  • SD 2: Rest Area (tema transportasi)
  • SD 3: Farmhouse SD3 (tema fauna)
  • SD 4: Oryza Kafe (tema perubahan materi)
  • SD 5: Rhino Shop (tema alat-alat pengungkit)
sekolah alam indonesia cibinong safari malam
Stand TK B

Keseruan Market Day Night terus berlanjut dengan adanya Safari Night di stand TK B. Banyak hewan liar berlarian disana….. oh bukan…. Ternyata itu adalah anak-anak yang memakai kostum hewan dari kardus bekas yang dicat. Dengan membeli tiket, pengunjung dapat merasakan sensasi petualangan di stand Safari Night tersebut. Lapar dan dahaga gak akan terjadi deh disana karena banyak penjual makanan dan minuman yang kreatif dan higienis disana seperti aneka sosis dan bakso bakar serta dari farmhouse SD 3. Hewan ternak juga bisa dilihat disitu, ada kambing dan kelinci yang boleh dikasih makan pengunjung setelah membeli tiket (serasa di Kuntum Nursery deh), gokilnya setelah acara hampir usai kambingnya dijual juga disitu !!!. Ada juga tempe mendoan dan yogurt aneka rasa yang dibuat oleh SD 4. Beberapa hari sebelumnya, mereka mengadakan fundrise (FR) dengan mengadakan pelatihan pembuatan yogurt. Mereka baru belajar tentang perubahan materi seperti fermentasi. Healthy Food Shop SD 1 menawarkan sandwich, chicken salad wrap, es jeruk, dan jasuke dengan harga terjangkau.

sekolaha alam indonesia cibinong cafe sd 1
Stand SD 1

Lho kok banyak balon sabun beterbangan ya, dari mana asalnya? Ternyata anak TK B sedang menjajakan dagangannya sambal teriak “Mari mampir sini beli balon sabun, mandi bola, bisa mancing juga” Wow wow wow kan….Pasar Malam Sekaten aja kalah deh. SD 5 dengan tema pengungkit gak kalah seru dengan Rhino Shopnya. Mereka membuka wahana sumur ajaib, penasaran kan? Dengan membeli tiket maka pengunjung bisa menimba sumur yang isinya hadiah! Amazing kan idenya, mereka juga menjual bakso barbel dan alpukat kocok. Kemeriahan ini terus berlanjut seiring dengan pementasan anak-anak dan guru. Ada yang menyanyi, menari, baca puisi, dan drama.

Ide dan kreativitas tidak datang tiba-tiba. Perlu ada lingkungan yang membiasakan berpikir “out of the box”. Tralala…..hal tersebut ada di sekolah ini. Sehari hari mereka tidak hanya dicekoki pelajaran tapi diajak diskusi, brain storming istilah kerennya dan dibiasakan membuat kreatifitas dari barang bekas. Maka nggak heran apabila ternyata yang punya ide untuk menampilkan atau membuat sesuatu adalah anak-anak. Letupan-letupan ide tersebut sangat dihargai oleh guru yang lebih senang disebut fasilitator untuk didiskusikan dengan anak sekelas sehingga menjadi “barang dagangan”. Hal tersebut akan menjadi bekal berharga di masa depan karena yang tidak bisa ditiru oleh robot adalah kreatifitas kata Jack Ma. Di masa depan teknologi akan sangat berperan dan tugas manusia yang monoton akan banyak  diganti dengan artificial intelligence (AI), tetapi belum ada artificial creativity. Be smart, be creative, be positive, teruslah berpetualang mencipta pasar di masa depan.

 

Dini Daruati*

*OTS Tata SAI Cibinong