sekolah alam indonesia cibinong prima

KOMPETISI DAN BERPETUALANG BERSAMA SAI CIBINONG

Ada apa ya kok ada keramaian di Sekolah Alam Indonesia (SAI) Cibinong pada hari Sabtu tanggal 20 Oktober 2018? Ternyata ada perlombaan dan petualangan…….serunya…..Perlombaannya bekerjasama dengan Faber Castell yaitu lomba mewarnai untuk anak di bawah 7 tahun dan lomba kolase untuk anak di atas 7 tahun. Pada hari itu juga diadakan Petualangan Sehari Bersama SAI (PRIMA SAI) yang kegiatannya berupa memanah, berkebun, memasak, dan outbond. Salah satu tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mengenalkan SAI Cibinong ke masyarakat sehingga seluruh kegiatan dibuka untuk umum.

Anak-anak mulai berkumpul pada pukul 7.30 untuk lomba mewarnai dan kolase, demikian juga yang hanya ikut PRIMA SAI. Sebelum mulai lomba, mereka berbaris rapi di lapangan dan senam bersama yang dipimpin oleh Bu Deassy.

sekolah alam indonesia cibinong lomba warna
Lomba Mewarnai

Sekitar pukul 8.30 lomba mewarnai dan lomba kolase dimulai. Anak-anak dengan tertib mengikuti lomba tersebut selama satu jam. Alat untuk mewarnai dan kolase disediakan oleh Faber Castell. Kerapian dan kreatifitas menjadi kunci dalam lomba ini yang nantinya akan dipilih 3 pemenang oleh juri Faber Castell. Sebelum perlombaan, anak-anak diberitahu bahwa mereka hebat sudah berani ikut lomba. Menang atau kalah adalah hal biasa yang tidak perlu dirisaukan,  yang penting mereka telah berusaha karena di komunitas SAI jarang ada kompetisi yang pemenangnya diberikan hadiah atau piala. Setahu saya konsep belajar di SAI adalah tidak membandingkan dengan kemampuan anak lain tapi mengutamakan progress perkembangan anak itu sendiri. Keseriusan anak-anak dalam mengikuti lomba dapat diliohat pada Gambar diatas.

sekolah alam indonesia cibinong pos kebun
Pos Berkebun

Sambil menunggu pengumuman lomba, anak yang ikut PRIMA SAI dapat memulai petualangannya. Mereka bebas mau ke pos mana terlebih dahulu. Ada pos berkebun, pos memanah, pos memasak, dan pos outbond. Pos berkebun ada di dekat rumah pohon. Disana anak bisa belajar menanam dan memberikan pupuk. Pohon yang ditanam adalah pohon pepaya yang bisa dibawa pulang. Diberikan juga biji bunga matahari untuk ditanam di rumah. Di pos tersebut tersedia tanaman obat keluarga (toga), bibit pohon buah, tanaman hias, dan pupuk karungan  yang dapat dibeli oleh pengunjung.

 

Pos memanah ada di dekat kelas SD 1. Disana anak belajar untuk fokus dan tenang agar memanah tepat sasaran. Asisten pelatihnya masih anak-anak juga lho, dia bertugas mengambil panah yang sudah tertancap di bidang sasaran.

sekolah alam indonesia cibinong pos panah
Pos Memanah

Apabila perut sudah mulai keroncongan, ikuti saja kegiataan di pos memasak. Hmmm harumnya wangi roti…. Ya, di pos itu mereka membuat roti jala, yaitu adonan tepung yang dimasak di atas wajan. Agar berbentuk jala, adonan dimasukkan ke dalam botol plastik yang telah diberi beberapa lubang. Anak dapat memilih warna hijau atau kuning adonannya, kemudian setelah matang mereka dapat menghias toppingnya sendiri dengan susu kental manis dan meses.Sedap sedap sedap kata Tata. Keasyikan memasak dapat dilihat di Gambar berikut.

sai cibinong Pos Memasak
Pos Memasak

Pos terakhir adalah pos yang paling seru, ya betul pos outbond! Disini anak belajar untuk berani pada ketinggian karena harus menyeberangi jembatan tali yang disebut outbond two line bridge. Keamanan Insya Alloh terjaga dengan alat standar keamanan outbond yaitu tali pengaman badan dan helm. Ada dua penjaga tali yaitu pak David dan Pak Fatwa. Pada awalnya ana-anak yang masih kecil merasa takut, ada yang menangis pula tetapi dengan semangat guru dan ots mereka akhirnya berani juga. Ketegangan anak kecil saat meniti two line bridge ada di Gambar di bawah ini.

sai cibinong pos outbond
Pos Outbond

Saat yang ditunggu pun tiba, yaitu pengumuman pemenang lomba mewarnai dan kolase. Anak-anak berbaris rapi  walaupun sebagian sudah ada yang pulang. Pemenang lomba mewarnai juara 1 yaitu Elin dari TK Al Hikam sedangkan juara 2 dan 3 dari SAI Cibinong, yaitu Keyla dan Nafla (TK B). Untuk lomba kolase juara 1 sampai 3 dari SAI Cibinong semua yaitu Fabian SD 2, Raditya dan Sati (SD 4). Waktu penerimaan piala, Sati diwakili oleh Dzaka karena Sati sudah pulang. Selamat ya, semoga sukses selalu….Foto pemenang lomba dan sebagian peserta dapat dilihat pada Gambar berikut.

sai cibinong pemenang lomba warna
Pemenang Lomba Mewarnai

 

prima sekolah alam indonesia cibinong

Dini Daruati*

*OTS Tata SAI Cibinong, dini_daru@yahoo.com