otfa kelas kecil

PENYAMBUTAN KEPULANGAN OTFA KELAS KECIL

Dini Daruati

OTS Meilita SD 1 SAI Cibinong

OTFA adalah singkatan dari Out Trekking Fun Adventure yaitu kegiatan yang diadakan oleh Sekolah Alam Indonesia setiap tahun. Tahun 2018 ini, OTFA Sekolah Alam Indonesia Cibinong diadakan di Mandalawangi, Cibodas pada tanggal 24-26 April dengan mengusung tema: “The Guardian of Brotherhood”. Kelas 1 dan 2 (kelas kecil) menginap 2 hari 1 malam sedangkan kelas 3-5 (kelas besar) menginap 3 hari 2 malam. Kegiatan yang dilakukan antara lain trekking siang dan malam, outbond, games kekompakan, pentas saat api unggun, dan lain-lain. Selain oleh guru, pendampingan dilakukan oleh kakak-kakak SMA Sekolah Alam Indonesia (SAI-Bless) dan orangtua siswa (OTS) yang berprofesi sebagai dokter. Kegiatan ini sangat patut diapresiasi karena melatih kemandirian, keberanian, dan kekompakan. Siswa harus menepis rasa kangen kepada orangtua untuk sementara di tengah dinginnya udara di lereng pegunungan.

pulang otfa
OTS menyambut kedatangan siswa dan membantu turun dari tronton

Apresiasi yang dilakukan oleh pihak sekolah kepada siswa adalah penyematan pin tanda keikutsertaan OTFA, sedangkan yang dilakukan oleh pihak OTS adalah penyambutan kepulangan OTFA. Untuk kelas kecil penyambutan kepulangan dilakukan hari Rabu tanggal 25 April 2018 di sekolah. Sebelum hari H, kerempongan sudah dimulai, yaitu menyiapkan alat makan dan minum karena konsepnya adalah “zero waste”. Pinjam sana sini dari beberapa OTS akhirnya terkumpul juga. Pada hari H, sejak jam 12 siang OTS telah datang menyiapkan berbagai keperluan termasuk membersihkan kelas yang akan dipakai. Telah dibentuk panitia penyambutan yang terdiri dari seksi acara, konsumsi, dokumentasi, dan perlengkapan. Pada hari itu juga dilakukan panen bayam merah hidroponik yang bisa dibeli OTS yang menjemput untuk fundrise (FR) kas SD 1. Urutan penyambutannya adalah sebagai berikut:

  1. OTS berbaris menyambut di gerbang sekolah dengan membawa tulisan nama anak

  2. OTS membantu penurunan anak dan tas ransel

  3. Anak-anak berbaris menuju kelas dan dikalungi medali

  4. Anak-anak duduk di kelas dan diberi hidangan teh manis hangat dan bakso

  5. Sambutan ketua panitia (Ibu Ajeng) dan perwakilan Pendamping Anak (Ibu Dede)

  6. Testimoni tentang serunya OTFA oleh Queen (Sd 2) dan Fabian (SD 1)

  7. Anak dan orangtuanya difoto oleh fotografer di photo booth yang telah disediakan

  8. Penutupan, anak diberi sekantong snack

otfa medali
Pengalungan medali
penyambutan otfa
Makan bakso dan minum teh bersama

Seru dan mengharu biru deh penyambutan OTFA ini. Anak-anak langsung berpelukan dengan orangtuanya setelah turun dari tronton, kemudian ada yang langsung ceria tetapi ada yang masih menangis atau malah masih terkantuk kantuk karena sepanjang perjalanan tidur pulas. Well…….good job kids……kemandirian dan keberanianmu telah teruji!!!! Welcome the next OTFA……

survivor otfa
Pembuatan Dokumentasi Survivor OTFA 2018