night market di sai cibinong

SAI Cibinong Gelar “Night Market”

Ada yang berbeda di Sekolah Alam Indonesia Cibinong, Sabtu, 6 Oktober 2018 malam. Menjelang petang, makin banyak siswa dan orang tua yang datang ke sekolah. Begitu matahari tenggelam, kerlap-kerlip lampu nan indah tampak menawan, menghiasi malam, menyambut kehadiran seluruh anggota komunitas Sekolah Alam Indonesia Cibinong.

Malam itu digelar “Night Market”, sebuah modifikasi dari acara “Market Day” yang sebelumnya telah menjadi agenda rutin di SAI Cibinong. Sebuah kegiatan yang memadukan materi pembelajaran dan diaplikasikan dalam bentuk kegiatan kewirausahaan.

Salah satu tujuan kegiatan ini adalah mengajarkan anak-anak untuk belajar berwirausaha dan mengelola usaha. Tak heran jika anak-anak lah yang menjaga stand dan melayani pembeli secara langsung. Saat bertugas sebagai kasir, sejatinya anak-anak juga tengah belajar ilmu ekonomi dan matematika.

night market di sai cibinong
“Night Market” ini memang berbeda, di sini pengunjung dimanjakan dengan berbagai kegiatan unik dan kreatif seperti mancing ikan di wahana air, mandi bola, menyewa sepeda mini, mencoba sumur ajaib, menonton hiburan di panggung kecil, berfoto di photo booth, hingga naik odong-odong asli yang didatangkan khusus untuk menyemarakkan “Night Market”.

Konsep unik lainnya tersaji di sebuah stand bertajuk “Safari Malam”. Anak-anak TK B nan lucu berkostum hewan-hewan liar seperti harimau, beruang, gajah hingga rusa menampilkan pertunjukan dalam kelas yang disulap bak Taman Safari. Pengunjung pun seolah bisa berpetualang di alam bersama hewan-hewan tersebut.

Aneka kuliner sehat, murah dan lezat juga tersaji di berbagai stand yang ada. SD 3 misalnya, mengandalkan produk makanan olahan dari hewan mamalia seperti sosis dan bakso bakar serta minuman susu. Juga SD 4 yang menampilkan tema “All About Fermentasi”, dengan berjualan produk seperti yogurt, mendoan, tape uli dan tape singkong. Sedangkan anak-anak KB pun tak ketinggalan dengan aneka makanan dari buah-buahan seperti sosis bakar nanas (sobanas), banana cheese roll, nasi goreng nanas hingga orange drink.

Keuntungan dari seluruh penjualan tiket dan produk digunakan sebagian digunakan untuk dana kegiatan outing masing-masing kelas dan sebagian lagi sebagai dana bantuan bagi korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

 

Widi Kurniawan

Orang Tua Siswa SD 3 SAI Cibinong