wisuda quran juz 30

FUN WEEK RAMADHAN DI PENGHUJUNG SEMESTER GENAP 2018

Dini Daruati

OTS Meilita Akila Prabawaningrum, Sekolah Alam Indonesia Cibinong

 

Hore ujian kenaikan kelas telah usai, saatnya bersenang senang dong!!! Eits jangan salah, having fun nya juga mendidik lho :).Itulah kegiatan yang selalu dilakukan Sekolah Alam Indonesia Cibinong yaitu menyenangkan tapi penuh pembelajaran. Kali ini acara yang digelar pada tanggal 29 Mei 2018 adalah “FUN WEEK RAMADHAN”. Meskipun tanggal merah, anak-anak dan para orangtua siswa (OTS) antusias mengikuti acara ini. Kegiatan yang akan dilakukan adalah pembacaan tasmi, wisuda hafalan Qur’an juz 30, TK B show, santunan anak yatim, dongeng Kak Nia, buka puasa bersama, dan Ramadhan camp (SD3-5).

poster funweek
Gambar 1. Leaflet Fun Week Ramadhan yang dibuat oleh panitia

Acara dimulai setelah sholat Dhuhur. Pembacaan tasmi dilakukan oleh anak-anak yang tahun lalu telah mengikuti wisuda hafalan Qur’an juz 30, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan hafalan Qur’an oleh calon wisudawan. Calon wisudawan terdiri dari 12 anak. Ada anak dari sd 2 sampai SD 5, tetapi yang terbanyak adalah dari SD 3. Uji publik juga dilakukan oleh para penonton dengan cara mengambil gulungan kertas pada toples dan dipilih siapa yang akan menghafal. Calon wisudawan juga menyambung hafalan surat yang dibaca oleh penonton.
Prosesi wisuda Qur’an dilakukan dengan pengalungan medali dan pemberian piagam satu per satu oleh bu Dede (guru agama Islam) dan bu Rima (Kepala sekolah SD). Saat mengharukan pun tiba, yaitu pemberian mahkota kepada orangtua masing-masing. Airmatapun bercucuran, termasuk penonton yang anaknya tidak ikut wisuda (saya ). Di dunia saja sungguh membahagiakan, apalagi kelak di akherat. Foto-foto per keluarga dan dengan guru pun dilakukan untuk meluapkan rasa syukur. Di awal acara, Bu Dian dan Bu Rima menekankan bahwa wisuda ini bukanlah akhir pencapaian tetapi merupakan apresiasi kepada penghafal Qur’an, semoga semakin semangat menghafal Qur’an seumur hidup. Tidak ada kata terlambat untuk mempelajari dan menghafal Qur’an. Bukan cuma anak-anak yang harus menghafal Qur’an, tetapi orangtua dan gurunya juga meskipun tidah hafal-hafal.

suasana wisuda quran
Gambar 2. Pemberian mahkota kepada orangtua (Foto dari FB sekolah)

Hebatnya sekolah ini adalah mengapresiasi setiap usaha anak.Walaupun belum diwisuda tahun ini, beberapa anak diberikan medali penghargaan dengan kategori antara lain: paling tertib, paling antusias, dan tutor teman sebaya dalam menghafal Qur’an. Kak Naufal, Farid, Adit, Naira, Mariam, Gavan, dan Fakhrie mendapatkan penghargaan itu.

penghapal qur'an
Gambar 3. Fakhrie SD 1 mendapatkan medali kategori paling tertib

Setelah acara wisuda, ada pentas menyanyi lagu-lagu ciptaan anak-anak Kelompok Bermain, TK A, dan TK B. Rencananya lagu-lagu ini akan direkam dan selanjutnya untuk kegiatan belajar di sekolah. Sayang saya tidak punya fotonya saat TK B show. Hebatnya, selain menyanyi, anak sekecil itu ada yang memainkan organ untuk mengiringi lagunya.
“Kak Nia telah datang”…….”Sekarang Kak Nia kok lain ya, bawa bayi” seru anak-anak. Mereka nggak sabar akan mendengarkan “Dongeng Kak Nia”. Kak Nia memang datang setiap tahun di SAI Cibinong untuk menggalang dana melalui “Adara Relief” yang akan disumbangkan ke Palestina. Setahun sebelumnya anak-anak dibagi celengan kosong dan dikumpulkan saat Kak Nia mendongeng. Saat dimulai mendongeng, anak-anak langsung diam menyimak.

dongeng sai cibinong
Gambar 4. Mendengarkan “Dongeng Kak Nia” (Foto: Bu Zaenab)

Setelah dongeng Kak Nia, dilanjutkan dengan “Buka Puasa Bersama”. Guru dan OTS menyiapkan hidangan bersama, kemudian membereskan bersama pula. Indahnya kebersamaan sekolah berbasis komunitas. Oya pada hari ini ada juga penyerahan bingkisan ramadhan buat guru-guru dan pegawai sekolah yang hebat dari OTS. Terimakasih sekali bapak ibu guru….., jasamu tiada tara, semoga Alloh membalas dengan pahala yang berlipat ganda. Aamiin YRA.

buka bersama sai cibinong
Gambar 5. Acara Buka Puasa Bersama

Untuk anak-anak SD 3, 4, 5, setelah berbuka puasa mereka berangkat untuk “Ramadhan Camp”, yaitu belajar Itikaf, menginap di masjid Az Zikra, Sentul. Subhanalloh….semoga Alloh selalu menjagamu nak,…..

fun week sai cibinong
Gambar 6. Kesibukan di balik layar: OTS dan guru saling membantu.
Foto dari wa group sekolah