Come to the World of Inspiring Education

Come to the World of Inspiring Education

Class Room

Ruang kelas di Sekolah Alam Indonesia Cibinong berbentuk Saung dari kayu tanpa dinding. Saung ditopang oleh delapan tiang sehingga sangat kokoh berdiri.  Bangunan berbentuk panggung dengan lantai yang juga terbuat dari papan kayu yang disusun laki-laki perempuan. Maksudnya agar celah antar papan kayu tertutup dan tidak mencederai siswa yang berada di bawah saung. Menghindari perlengkapan belajar jatuh ke bawahnya.

Saung begitu istimewa di sekolah alam. Satu rentet kelas terdiri dari dua saung atas dan bawah. Diikat dengan tangga pandu di bagian tengahnya. Di bagian tepi saung dibuatkan pagar 1,5 meter untuk melindungi anak-anak agar tidak terjatuh. Satu keamanan bersama selalu diingatkan agar anak-anak saling mengingatkan satu sama lainnya tetap hati-hati. Tidak duduk di pagar saung.

Saung kelas berbentuk lesehan. Seluruh alas kaki di simpan di rak sepatu yang terletak di bawah saung. Seluruh warga kelas baik siswa maupun guru duduk lesehan. Peralatan belajarnya sederhana. Menggunakan meja lipat yang mudah dirubah formasinya.⁠

Praying Room

Masjid     merupakan     jantung     utama     bagi     komunitas  SAI. Oleh karena itu Dewan Sekolah SAI Cibinong sedang bekerja keras agar SAI Cibinong bisa memiliki Mushola. Saat ini gambar rencana dan lokasi tempat berdirinya Mushola telah ditentukan. Biaya pembangunan Mushola juga telah mulai terkumpul dari komunitas SAI Cibinong Sendiri. Namun demikian, Dewan Sekolah tidak menutup pintu bagi donatur dari manapun untuk ikut menyampaikan shodaqoh terbaiknya agar Musholla di SAI Cibinong segera berdiri.

Library

Peranan perpustakaan di lingkungan sekolah sangatlah besar, yaitu membantu proses pendidikan agar berjalan dengan baik. Perpustakaan sekolah menjadi sumber berbagai macam ilmu bagi para siswa dan guru untuk belajar dan mengajar.

Selain itu, perpustakaan juga sebagai sarana untuk membangkitkan minat baca para siswa, mengembangkan daya pikir yang rasional dan kritis. Bahan pustaka yang lengkap, beragam dan menarik sesuai kurikulum sekolah merupakan suatu kebutuhan.

perpustakaan disamping menyediakan buku-buku pengetahuan juga perlu menyediakan buku-buku yang bersifat rekreatif (hiburan) dan bermutu, sehingga dapat digunakan para siswa untuk mengisi waktu senggang, baik oleh siswa maupun oleh guru.

Perpustakaan menyediakan bacaan yang dapat dijadikan sebagai sumber/ obyek penelitian sederhana dalam berbagai bidang studi atau sebagai sumber informasi untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Playground

Playground di Sekolah Alam Indonesia Cibinong bukan sekedar tempat siswa bermain di waktu istirahat. Taman bermain ini juga merupakan tempat belajar dan mengembangkan kemampuan motorik anak.

Taman bermain ini merupakan sepetak tanah di pojok sekolah yang diisi dengan pasir. Di dalamnya terdapat wahana ayunan, perosotan, tangga dan lorong dimana anak harus merangkak.

Farm and Garden

Canteen

Kantin sekolah menyediakan berbagai keperluan anak baik untuk makan siang, snack pada waktu istirahat, perlengkapan sekolah seperti buku, pensil penghapus dan lainnya.

Kantin juga menjadi tempat belajar wirausaha dimana siswa dapat menitipkan barang atau makanan untuk kebutuhan Fund Raise atau kegiatan sosial lainnya.