day camp

Sekelumit cerita Day Camp (#Cerita 1-1) Nangis? Boleh kok…

Day Camp adalah kemahnya anak-anak KB TK SAI.
Ini Day Camp ke 6 SAI Cibinong.
Day Camp SAI Cibinong sedikit berbeda dengan Day Camp SAI yang lain. Di Cibinong seluruh anak KB TK bermalam di sekolah. Jadi anak-anak umur 4 – 6 tahun bermalam di sekolah.
Awalnya karena tahun pertama SAI Cibinong hanya berjumlah 6 orang & terbagi di kelas KB sampai TK B. Jadi kalau TK B saja yang menginap terlalu sedikit dan kurang seru. Sebelum memutuskan bahwa KB sampai TK B bermalam, saya konsultasi dan ijin dulu dengan bos saya. Saat itu bos saya hanya berkata,”Ga masalah kalau semua sudah diantisipasi. Lakukan saja.”
Alhamdulillah saya jalani saja. Hal pertama yang terbayang di benak saya adalah kemungkinannya ada anak nangis. Jika itu terjadi yah tinggal dibujukin, ditemenin dan digendong.
Ternyata …. hal ini betul-betul terjadi. Mulai tahun pertama sampai kemarin ada 1,2 anak yang menangis. Panik? Ga laah. Sudah ada bagian yang mpuk-mpuk anak yang nangis sambil begadang. Hahaha…
Tahun pertama, anak KB kami yang sholeh dan cerdas, tidak menangis kencang, tapi matanya berkaca-kaca. Uuuhh sedih rasanya. Saya dekati,”Kangen mama ya Dek?”
Ia mengangguk sambil berkata,”Bagir kalau tidur sama mama.”
“Iya, jadi kangen ya. Malam ini tidurnya sama teman-teman dan ibu bapak guru di tenda ya. Mau diusap-usap?”
Bagir mengangguk.
Saya berbaring di luar tenda dan mengusap-usap tubuh mungilnya.
Bu Rima dan bu Dian memeluk 2 murid putri kami untuk menenangkannya di  tenda yang lain.
Malam itu dilalui dengan beberapa kali anak-anak bangun. Tapi semua bisa dilalui.
Tahun kedua Day Camp ada  murid KB yang home sick dan kangen ibunya.  Maryam ingat bundanya. Rafif juga ingat rumahnya. Bu Rima menenangkan Rafif, saya memeluk Maryam. Maryam tubuhnya besar sehingga saya hanya kuat memangkunya. Setelah Rafif tertidur, bu Rima bergantian dengan saya memangku Maryam hingga tertidur.
Malam itu berhasil kami lalui.
Tahun lalu, saya; bu Rina, admin sekolah dan bu Nina, guru KB begadang. Atau gantian tidur. Ada 2 anak KB yang home sick. Guru KB kami, bu Nina sungguh tangguh luar biasa. Beliau pegang satu anak yang kebetulan hanya mau dengan bu Nina, tidur menjelang jam 4 pagi. Saya pegang anak yang satu, tertidur dengan sukses jam 2 dini hari.
Saya, anak KB ini dan admin sekolah tidur di luar tenda karena ananda merasa gerah dan tidak mau masuk tenda.
Setiap pagi, semua anak kembali ceria dan bersiap pulang. Kalau kami dan anak-anak tidak cerita, sepertinya malam itu berlalu dengan damai.
#ceritadaycamp#
#cintatakbertepi#
#saicibinong#


Dian Arifianti
Guru SD 5 Sekolah Alam Indonesia Cibinong